Sunday, May 3, 2009

Mandarin Festival

Assalamualaikum

Hari Minggu kemaren tanggal 26 April 2009 aku dan 5 orang temenku + adek kelas yaitu Dhilla, Dea, Dhena, Galih dikirim *emang barang* ke Universitas Atma Jaya buat ngikutin lomba pidato bahasa Mandarin. Sebenernya ada 2 anak lagi Agung sama Okta tapi waktu itu samaan waktunya mereka buat lomba debat APBN, jadi mereka gak jadi ikut yang Mandarin.

Laoshi kasih tau kabar kalo ada lomba 1 minggu sebelumnya, mulai latihan juga baru 3 hari menjelang lomba. Jadi hari Kamis semua yang diajuin buat lomba diculik seharian gak ikut pelajaran, kita disuruh buat teks yang isinya pengalaman kita selama belajar Mandarin berhubung itu pidato pake bahasa Mandarin ya otomatis kan kita ngomongnya juga pake tata cara Mandarin yang ada aturan nadanya gitu, aku kan paling gak bisa yang itu ngomong aja fals apalagi pake nada gitu, do semua dah. Kita tinggal buat teks pake bahasa Indonesia, Laoshi yang terjemahin ke bahasa Mandarin.

Isi teks pidatoku itu nyeritain waktu kelas 10, masih awal-awal belajar Mandarin tuh nilaiku masih bagus-bagus, masih gampang pelajarannya kanjinya juga belom rumit. Trus lama-kelamaan makin banyak aja kosakatanya yang susah dihapal udah gitu kanjinya tambah belibet, jadi nilaiku makin lama makin menurun. Trus buat sok-sokan depan juri aku bilang kalo bakal lebih rajin lagi belajar Mandarin soalnya Mandarin tuh bahasa dunia kedua setelah bahasa Inggris, dan harapanku belajar Mandarin biar bisa ngerti misal film yang pake bahasa Mandarin atau lagu Mandarin tanpa terjemahan. Kata Laoshi isi pidatoku bagus, cuman kalo performanceku gak bagus kan sama aja.

Latian satu hari kan jelas gak cukup buat persiapan, hari Jumat Laoshi gak bisa dateng ke sekolah, trus ngajak latian di Kafe Coklat jam 7 malem. Yang bisa dateng cuma aku Dhena sama Galih. Jadi, kita latian disana sama di traktir Laoshi *hot chocolatenya enaaak* tapi disana kebanyakan ngobrolnya daripada latian, hehehe..

Hari H pun tiba, aku sama sekali gak ada latian jadi modal nekat di depan ntar tapi untungnya taun lalu waktu kelas 10 aku dah pernah ikut Mandarin Festival jadi udah ada gambaran sikonnya gimana, jadi udah gak gitu nervouslah tapi deg-degan *podo wae,wakakka* Aku dapet nomer urut 13, tapi ada peserta yang gak dateng jadi sama aja gak urutan 13 deh. Dea aja yang nomer urut 4 maju nomer 2 kok. Pas performance aku berusaha sebisaku yang penting cepet selesai mo bagus mo jelek gak aku pikirin *EGP*

Pengumuman pemenang, dari BMD gak ada yang masuk juara 1-3 secara lawannya tuh yang oriental gitu trus udah cas cis cus ngomong Mandarinnya. Kan Laoshi tuh ketua panitia, jadi hasil nilai ditunjukin ke kita, aku peringkat 10 dari 26 peserta, hahahha..

Seminggu kemudian Laoshi nelfon kalo Dhilla tuh dikirim buat ke Jakarta hari Jumat besok, wooow keren kan, Dhilla tuh emang master. Selamat ya Master good luck di Jakartanya :)

Wassalamualaikum

4 comments:

  1. weseh

    cas cis cus nih septa

    ada ching min gg kmren???

    ReplyDelete
  2. Yudhis = cieee kangen nih sama ching min, Sari dikemanain tuh, wakakakak..

    ReplyDelete
  3. weeeeeh kalian ini, hahahaha
    ihii yoedhis kgn cing min hahaha, eh tetanggaku ada yg mirip cing min loh *mau ? *dgn gaya iklan 3

    ReplyDelete
  4. wah.. keren2, lanjutkan perjuanganku nak.. hwkakaka *apa coba

    ReplyDelete